Tautan-tautan Akses

Senat Meksiko Sahkan Kesepakatan Dagang Baru dengan AS, Kanada


Mobil-mobil yang baru dirakit tampak di pabrik Toyota Motor Baja California, di Tijuana, Meksiko, 30 April 2017.

Senat Meksiko, Rabu (19/6), meratifikasi perjanjian perdagangan baru dengan Kanada dan Amerika meskipun ada keraguan dari kaum liberal dan ketegangan dengan Amerika karena imigrasi.

Anggota DPR menyetujui langkah itu dengan 114 suara dibanding 4. Meksiko adalah negara pertama yang menyetujui Perjanjian Amerika-Meksiko-Kanada - pengganti Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) pada 1994.

Presiden Amerika Donald Trump menyebut NAFTA salah satu "kesepakatan perdagangan terburuk yang pernah dicapai," dengan alasan kesepakatan itu menutup lapangan pekerjaan di Amerika dan semuanya menguntungkan Meksiko.

Perjanjian baru itu hampir sama dengan yang lama. Perbedaan utamanya mencakup persyaratan bahwa mobil yang diekspor ke Amerika harus mengandung lebih banyak suku cadang buatan Amerika. Selain itu, peternak Amerika akan bisa menjual produk ke Kanada.

Sebagian anggota DPR Meksiko mengatakan mereka merasa Trump menggertak Meksiko untuk menerima kesepakatan perdagangan baru itu, tetapi mereka memilihnya karena tidak ada alternatif.

Parlemen Kanada belum memberikan suara, dan perjanjian itu menghadapi tentangan di DPR Amerika yang dipimpin fraksi Demokrat.[ka]

XS
SM
MD
LG