Tautan-tautan Akses

AS Dukung Penyelidikan Terkait Usaha Kudeta Terhadap Pemerintah Montenegro


ARSIP - Menlu Montenegro, Srdjan Darmanovic, berbicara selama konferensi pers bersama dengan Menlu sekaligus Mendag Hungaria, Peter Sziijarto, setelah pembicaraan di Kemenlu dan Kemendag di Budapest, Hungaria hari Jumat, 27 Januari 2017 (foto: Lajos Soos/MTI via AP)

Amerika sebagai pimpinan NATO telah mendukung penyelidikan atas apa yang disebut pejabat Montenegro sebagai komplotan pro-Rusia yang berusaha menggulingkan pemerintah yang pro-barat, supaya negara itu jangan bergabung dengan NATO.

Menteri LN Montenegro, Srdjan Darmanovic mengatakan, NATO yang dipimpin Amerika telah mendukung penyelidikan atas apa yang disebut pejabat Montenegro sebagai komplotan pro-Rusia yang berusaha menggulingkan pemerintah yang pro-barat, supaya negara itu jangan bergabung dengan NATO.

“Pemerintah Amerika sangat membantu kami dengan dukungan dan informasi,” kata Darmanovic kepada VOA. Komentarnya itu dikeluarkan pada hari yang sama para anggota kongres Amerika mengadakan sidang dengar pendapat tentang dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden Amerika tahun lalu.

Sejumlah pejabat Barat mencurigai keterlibatan Rusia dalam usaha kudeta bulan Oktober lalu di Montenegro. Kremlin telah berulang kali membantah keterlibatan dalam usaha menggulingkan negara Balkan yang kecil itu, tapi secara terbuka mendukung dan membiayai kelompok oposisi anti-NATO.

Keanggotaan Montenegro dalam NATO masih menunggu pengesahan oleh Senat Amerika. Kata Darmanovic, bekas Dutabesar Montenegro untuk Amerika, ia tidak melihat adanya hambatan bagi ratifikasi Amerika untuk keanggotaan Montenegro dalam NATO. [ii]

XS
SM
MD
LG