Tautan-tautan Akses

AS Desak Paraguay Bekerja Sama dengan Taiwan Atasi Pandemi


Warga Paraguay berdemo memprotes kebijakan esehatan Presiden Mario Abdo Benitez dan kekurangan vaksin COVID-19 di depan Kongres Nasional di Asuncion, Paraguay, 9 Maret 2021.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mendesak Paraguay untuk bekerja sama dengan sekutu diplomatiknya, Taiwan, untuk mengatasi pandemi COVID-19. Hal itu disampaikan setelah protes-protes di negara Amerika Selatan itu yang menentang cara pemerintah menangani krisis itu.

Ribuan warga Paraguay berunjuk rasa di ibu kota, Asunción, karena kurangnya obat-obatan dan ketersediaan ruang ICU di tengah lonjakan kasus virus corona dan seruan untuk memakzulkan Presiden Mario Abdo.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Blinken berbicara dengan Abdo pada Minggu (14/3). Blinken memaparkan upaya AS untuk membantu mengatasi pandemi, dan menegaskan pentingnya kebebasan berekspresi, unjuk rasa damai, dan supremasi hukum.

“Menteri menekankan pentingnya bekerja sama dengan mitra-mitra demokratik dan global, termasuk Taiwan, untuk mengatasi pandemi global, memberantas korupsi, dan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas," katanya dalam pernyataan.

Paraguay adalah satu-satu sekutu diplomatik Taiwan di Amerika Selatan. China menganggap Taiwan yang demokratis sebagai bagian dari wilayahnya. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG