Tautan-tautan Akses

AS Deportasi Pria Sudan yang Rencanakan Pengeboman di New York Tahun 1993


Amir Abdelghani, 59 tahun, divonis hukuman penjara 30 tahun terkait rencana pengeboman di kota New
Amir Abdelghani, 59 tahun, divonis hukuman penjara 30 tahun terkait rencana pengeboman di kota New

Seorang lelaki Sudan yang dihukum karena merencanakan serangan teror tahun 1993 terhadap beberapa bangunan di AS, termasuk gedung-gedung PBB, dideportasi pekan ini setelah menjalani lebih dari 20 tahun hukuman penjara.

Amir Abdelghani, 59, dideportasi dari AS pada 12 Oktober dan “diserahkan kepada pihak berwenang di negara asalnya,” demikian diumumkan oleh Badan Penegakan Imigrasi dan Bea Cukai (ICE) hari Jumat (18/10).

Ia adalah satu dari 10 orang yang dinyatakan bersalah pada tahun 1996 melakukan persekongkolan yang dipimpin ulama Mesir Sheikh Omar Abdel-Rahman untuk menyerang kantor PBB, FBI dan bangunan-bangunan penting lainnya di kota New York.

“Pengusiran terpidana teroris ini merupakan deklarasi kuat mengenai komitmen ICE terhadap keselamatan masyarakat dan keamanan nasional,” kata Simona Flores-Lund, pejabat ICE di Philadelphia. "Deportasi ini merupakan kemenangan bagi AS dan lebih jauh menekankan peran penting ICE dalam melindungi negara kita.”

Seorang hakim imigrasi memerintahkan Abdelghani dideportasi dari AS pada tahun 2001, namun para petugas imigrasi hanya menahannya sewaktu masa hukumannya di penjara federal berakhir pada Juli 2019. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG