Tautan-tautan Akses

AS

AS dan 34 Negara Sepakat Perkuat Pengawasan Bank-bank Iran


Menkeu AS, Steven Mnuchin berbicara kepada Ketua FATF, Marshall Billingshea dalam Pertemuan Menteri Keuangan G20 di Buenos Aires, Argentina, 21 Juli 2018 (foto: Reuters/Marcos Brindicci)

Amerika dan lebih dari 30 negara lain yang tergabung dalam kelompok yang berupaya melindungi sistem keuangan global, sepakat memperkuat pengawasan mereka terhadap lembaga keuangan Iran.

Dalam pernyataan yang dirilis hari Jumat setelah pertemuan Satuan Tugas Aksi Keuangan (FATF) di Orlando, Florida, ke 36 pemerintah ditambah Dewan Kerjasama Teluk dan Komisi Eropa mengatakan mereka menyetujui persyaratan bagi "peningkatan pemeriksaan pengawasan untuk cabang dan anak perusahaan lembaga-lembaga keuangan yang berbasis di Iran."

FATF mengaku kecewa karena Iran belum mengambil rangkaian tindakan untuk mengatasi kekhawatiran tentang pencucian uang dan pendanaan terorisme di Republik Islam itu. Kelompok itu juga memperingatkan, mereka akan meninjau ulang pemberlakukan tindakan terhadap Iran jika negara itu menerapkan Konvensi Palermo dan Pendanaan Teroris sesuai standar FATF sampai menjelang Oktober. [ka]

Lihat komentar (3)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG