Tautan-tautan Akses

AS

AS-China Mulai Kembali Pembicaraan Perdagangan


Wakil Perdana Menteri China Liu He didampingi oleh Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer (kiri) dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin, menyambut media sebelum pertemuan perdagangan tingkat menteri di Washington, Kamis, 10 Oktober 2019. (Foto AP / Jose Luis Magana)

Putaran terbaru pembicaraan perdagangan AS-China dijadwalkan dimulai di Washington pada hari Kamis (10/10).

“Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan menerima delegasi China yang dipimpin Wakil PM Liu He untuk melanjutkan perundingan perdagangan antara kedua negara mulai 10 Oktober 2019,” sebut pernyataan dari Gedung Putih. “Kedua pihak akan berusaha mengembangkan pembicaraan di tingkat deputi pada pekan-pekan sebelumnya. Topik pembahasan akan mencakup transfer teknologi, hak atas kekayaan intelektual, jasa, hambatan nontarif, pertanian dan penegakan hukum.”

Kedua pihak terakhir kali mengadakan pembicaraan penting pada Juli lalu tetapi tidak ada terobosan besar dalam sengketa perdagangan antara dua ekonomi terkemuka dunia itu.

Washington dan Beijing terlibat dalam serangkaian tindakan saling menaikkan tarif selama lebih dari setahun, yang dipicu oleh tuntutan awal Presiden AS Donald Trump untuk perubahan dalam praktik-praktik perdagangan, subsidi dan hak atas kekayaan intelektual China. China menyatakan kebijakan perdagangan AS ditujukan untuk berupaya melemahkan kemampuan daya saingnya.

Situasi itu menimbulkan ketidakpastian di pasar keuangan dan membuat perusahaan-perusahaan bergegas mengatasi dampak tarif baru.

Presiden Trump mengumumkan bulan lalu bahwa ia menunda putaran tarif baru senilai 250 miliar dolar terhadap barang-barang China mulai dari 1 Oktober hingga 15 Oktober sebagai suatu “sikap iktikad baik.” China menindaklanjutinya dengan mencabut tarif bagi kedelai, daging babi, dan beberapa produk pertanian Amerika lainnya. [uh/lt]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG