Tautan-tautan Akses

AS Cari Cara Baru untuk Kirim Bantuan ke Venezuela


Kendaraan militer Kolombia disiagakan ke perbatasan dengan Venezuela, pasca terjadinya bentrokan setelah militer Venezuela memukul mundur truk-truk bantuan (24/2).

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan AS sedang mencari cara untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Venezuela, setelah pasukan yang setia kepada Presiden Nicolas Maduro memukul mundur truk bantuan dalam bentrokan di perbatasan dengan Brazil dan Kolombia.

Dalam sebuah wawancara hari Minggu (24/2) di CNN, diplomat tertinggi AS itu tidak menyebut bagaimana AS bisa melaksanakan misi bantuan yang menghadapi pasukan bersenjata ini.

Namun dia mengatakan Amerika Serikat akan mempertimbangkan untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi terhadap pemerintah Venezuela guna meningkatkan tekanan pada Maduro agar mundur dan mendukung presiden sementara negara itu, Juan Guaido, Ketua Majelis Nasional. Guaido dianggap oleh AS dan puluhan negara lain sebagai pemimpin yang sah di Caracas.

Menlu AS Pompeo menyebut Maduro seorang tiran, dengan mengatakan, "Saya yakin rakyat Venezuela akan memastikan bahwa hari-hari Maduro bisa dihitung."

Wakil Presiden A.S. Mike Pence Senin bertemu dengan Guaido dan para pemimpin regional lainnya di Bogota, ibukota Kolombia, untuk membahas strategi melawan Maduro dan bagaimana cara mengirim bantuan ke Venezuela, di mana persediaan makanan dan obat-obatan semakin menipis.

Maduro telah memblokir upaya bantuan yang dipelopori oleh AS, dengan alasan bantuan itu adalah dalih untuk invasi bersenjata AS. (as)

Recommended

XS
SM
MD
LG