Tautan-tautan Akses

Bantuan Masuki Venezuela Meski Ada Blokade Pemerintah


Truk-truk membawa obat-obatan, beras, dan susu bubuk sebagai bagian dari lebih dari 200-ton bantuan gabungan AS dan Brazil, berangkat dari Boa Vista, Brazil, ke selata Venezuela, 23 Februari 2019.

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido mengumumkan pengiriman bantuan kemanusiaan pertama telah tiba di Venezuela dari perbatasan selatan dengan Brazil.

"Ini kemajuan besar, Venezuela!" kata Guaido dalam cuitan di Twitter, Sabtu (23/2).

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS yang mendampingi konvoi bantuan itu mengatakan kepada VOA pengiriman makanan dan obat-obatan baik dari pemerintah AS dan Brasil telah disimpan di sebuah markas militer di Bao Vista, Brazil.

Bantuan juga dikirim lewat Kolombia, dimana bentrokan terjadi pada Sabtu (23/2) antara pasukan Garda Nasional Venezuela dan penduduk yang mengosongkan jembatan supaya truk-truk bantuan dari Kolombia bisa memasuki negara itu.

Meskipun Venezuela dilanda inflasi tinggi dan kelangkaan pangan, presiden Nicolas Maduro yang disengketakan telah menolak tawaran bantuan dari negara-negara lain, mengatakan rakyatnya bukan pengemis. [vm]

XS
SM
MD
LG