Tautan-tautan Akses

AS Buka Kedubes De-Facto di Taiwan, Picu Kemarahan China


Asisten Menlu AS Marie Royce (kanan) memberikan pidato pada pembukaan kedutaan de facto Washington di Taipei, Selasa (12/6).
Asisten Menlu AS Marie Royce (kanan) memberikan pidato pada pembukaan kedutaan de facto Washington di Taipei, Selasa (12/6).

Amerika Serikat telah membuka fasilitas mutakhir di Taiwan yang berfungsi sebagai kedutaan de facto Washington di pulau yang memiliki pemerintahan sendiri tapi yang juga diklaim Beijing sebagai bagian dari wilayahnya.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan Asisten Menteri Luar Negeri Amerika, Marie Royce, hari Selasa berada di antara para pejabat tinggi dalam upacara peresmian Lembaga Amerika baru senilai 256 juta dolar itu di Taipei, yang melayani kepentingan Amerika dengan tidak adanya hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan.

Pembukaan fasilitas baru itu membuat marah Beijing. Juru bicara Departemen Luar Negeri China, Geng Shuang, mengatakan China telah mengajukan protes keras kepada Washington.

Geng mengatakan kementeriannya mendesak Amerika Serikat agar menjunjung tinggi kebijakan “satu China” dan menghindari tindakan yang merusak hubungan China-AmerikaSerikat, serta “perdamaian dan stabilitas” di Selat Taiwan. [lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG