Tautan-tautan Akses

AS

AS Batalkan Kasus terhadap Profesor MIT yang Dituduh Berhubungan dengan China


Gang Chen, profesor di Massachusetts Institute of Technology (MIT). (Foto: Wen Zeng/MIT/Handout via Reuters)

Seorang profesor di Massachusetts Institute of Technology (MIT) menyampaikan terima kasih kepada para pendukungnya setelah Departemen Kehakiman Amerika Serikat mengatakan pihaknya membatalkan kasus hukum terhadapnya,

Dalam pengajuan dokumen pada Kamis (20/1), Departemen Kehakiman mengatakan mereka tidak dapat menyampaikan bukti dalam kasus terhadap Gang Chen.

Chen tahun lalu dituduh menyembunyikan hubungannya dengan Beijing, sementara mengumpulkan uang untuk melakukan penelitian nanoteknologi.

Pengacara Chen mengatakan kliennya tidak melakukan kesalahan.

Sementara Chen mengatakan ia punya lebih banyak hal yang akan segera disampaikannya.

Penghentian kasus ini merupakan kemunduran lebih jauh bagi inisiatif yang bertujuan mencegah China mengambil keuntungan dari penelitian-penelitian akademis Amerika dan melakukan spionase ekonomi.

Hal ini juga merupakan pukulan bagi upaya Departemen Kehakiman bagi upaya yang dikenal sebagai “ China Initiative” yang dibentuk tahun 2018 untuk menindak spionase ekonomi China dan pencurian rahasia dagang.

Salah satu cabang inisiatif itu difokuskan pada akademisi di Amerika yang dituduh menyembunyikan hubungan penelitian dengan China pada aplikasi hibah.

Tetapi para kritikus telah sejak lama mengatakan upaya yang terlalu menarget para akademisi berdasarkan etnis membuat upaya kolaborasi akademis menjadi suram.

Juru bicara Departemen Kehakiman Wyn Hornbuckle mengatakan pihaknya sedang meninjau masa depan program itu, yang diharapkan akan selesai dalam beberapa minggu mendatang. [em/rs]

Lihat komentar (5)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG