Tautan-tautan Akses

Trump Bekukan Semua Aset Pemerintah Venezuela di AS


Nicolas Maduro Jr (tengah) menemani ayahnya, Presiden Venezuela Nicolas Maduro, saat parade militer di Caracas, Venezuela, 28 Juni 2019.

Presiden Donald Trump telah memerintahkan agar semua aset pemerintah Venezuela di Amerika dibekukan. Ini adalah sanksi paling keras yang dijatuhkan Amerika atas pemerintahan Presiden Nicolas Maduro.

“Semua properti dan saham dalam properti milik pemerintah Venezuela yang ada di Amerika Serikat, diblokir dan tidak boleh dipindahkan, dijual, atau diekspor,” kata perintah eksekutif yang dikeluarkan Trump pada Senin.

Belum ada reaksi dari pemerintah Venezuela, dan tidak jelas apakah pemblokiran aset itu termasuk aset perusahaan minyak Citgo yang sahamnya sebagian besar dimiliki pemerintah Venezuela.

Pemerintahan Presiden Trump terus meningkatkan tekanan terhadap Presiden Maduro, yang tidak mau melepaskan jabatan walaupun ada tekanan kuat dari pihak oposisi.

Minggu lalu Trump mengatakan ia sedang mempertimbangkan akan melancarkan blokade atau mengkarantina Venezuela.

Rusia dan Kuba telah mengirim pasukan ke Venezuela untuk mendukung Maduro, sedangkan Amerika mengakui Juan Guaido sebagai presiden Venezuela. Guaido adalah Ketua Dewan Nasional Venezuela yang menyatakan pemerintahan Maduro tidak sah. [ii/ft]

XS
SM
MD
LG