Tautan-tautan Akses

AS

AS akan Jual Senjata $100 Milyar kepada Arab Saudi


Presiden AS Donald Trump, dan ibu negara Melania Trump, menaiki Air Force One di pangakalan udara Andrews, Maryland, Jumat (19/5) untuk melakukan lawatan internasional pertamanya.

Dalam kunjungan Presiden Donald Trump selama tiga hari ke Arab Saudi, ia akan mengungkapkan kontrak penjualan senjata bernilai 100 milyar dollar kepada kerajaan di Timur Tengah itu, dan para pemimpin Saudi telah mengundang puluhan pemimpin dari negara-negara Islam untuk bertemu dengan Trump.

Arab Saudi dan Israel adalah dua negara pembeli senjata terbesar dari Amerika.

Presiden Joko Widodo hari Jumat (19/5) mengukuhkan bahwa ia juga akan hadir dalam pertemuan itu. Kata seorang juru bicara pemerintah Indonesia, “Kami menganggap pertemuan ini penting karena merupakan yang pertama kalinya antara presiden Amerika yang baru dan pemimpin negara-negara Islam, untuk membahas berbagai isu yang memprihatinkan kita semua, khususnya yang menyangkut perjuangan melawan kelompok-kelompok radikal dan teroris.”

Presiden Trump, yang sedang menghadapi sejumlah skandal politik di dalam negeri, berusaha untuk memanfaatkan kunjungan ini untuk menunjukkan bahwa Amerika adalah pemimpin global yang akan membantu terciptanya aliansi baru dengan para pemimpin Islam untuk melawan teroris radikal.

“(Aliansi) ini akan menghilangkan kesan bahwa Amerika adalah anti-Islam,” kata menteri LN Saudi Arabia Adel al-Jubair kepada wartawan belum lama ini.

Kata anggota DPR Amerika dari partai Demokrat Thomas Suozzi, “Penting bagi presiden untuk merangkul negara-negara yang penduduknya mayoritas Islam dan berusaha mengetahui siapa yang menjadi kawan dan bekerja sama dengan mereka untuk melawan musuh bersama.”

“Kita harus mengakui bahwa kebanyakan warga Muslim di dunia adalah rakyat pencinta damai, yang punya kepercayaan dan keyakinan teguh, dan bertujuan untuk menciptakan dunia yang harmonis,” kata Suozzi, anggota komisi urusan luar negeri DPR Amerika. [ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG