Tautan-tautan Akses

AS Akan Beri Sanksi Kepada 5 Negara Pengimpor Minyak Iran


Gas suar dari anjungan produksi minyak di lapangan minyak Soroush tampak di sebelah bendera Iran di Teluk Persia, Iran, 25 Juli 2005.

Pemerintahan Trump siap memberi tahu lima negara, termasuk sekutu Jepang, Korea Selatan dan Turki, bahwa mereka tidak lagi dikecualikan dari sanksi Amerika jika mereka terus mengimpor minyak dari Iran, demikian dikatakan para pejabat, Minggu (21 April).

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo, Senin (22/4), akan mengumumkan bahwa pemerintah tidak akan memperbarui pengecualian sanksi bagi lima negara itu manakala pengecualian itu berakhir pada 2 Mei, ujar tiga pejabat Amerika. Dua negara lainnya adalah China dan India.

Belum jelas apakah ada dari lima negara itu yang akan diberi tambahan waktu untuk menghentikan pembelian atau apakah mereka akan dikenakan sanksi Amerika pada 3 Mei jika mereka tidak segera menghentikan impor minyak Iran.

Ketiga pejabat itu tidak mau namanya disebut karena tidak berwenang membahas masalah itu secara terbuka sebelum pengumuman Pompeo.

Keputusan tidak memperbarui pengecualian itu, yang pertama kali dilaporkan harian Washington Post, dituntaskan pada Jumat (19/4) oleh Presiden Donald Trump, menurut para pejabat itu. Mereka mengatakan, itu dilakukan untuk semakin meningkatkan tekanan terhadap Iran dengan membatasi pendapatan negara itu dari ekspor minyak.[ka]

XS
SM
MD
LG