Tautan-tautan Akses

Sanksi AS Hambat Bantuan Luar Negeri bagi Korban Banjir di Iran


Seorang pria mengarungi jalan yang terendam banjir di Kota Khorramabad di Provinsi Lorestan, bagian barat Iran, 1 April 2019.
Seorang pria mengarungi jalan yang terendam banjir di Kota Khorramabad di Provinsi Lorestan, bagian barat Iran, 1 April 2019.

Sanksi Amerika tidak memungkinkan Bulan Sabit Merah Iran menerima bantuan keuangan dari luar negeri untuk membantu korban banjir. Organisasi itu, Minggu (7/4), mengatakan, banjir menewaskan sedikitnya 70 orang dan sekitar 1.900 komunitas terendam.

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mengatakan pekan lalu, Amerika siap membantu melalui Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, tetapi menuduh pemerintahan ulama Iran "tidak becus dalam perencanaan kota dan kesiapsiagaan darurat."

Bulan Sabit Merah Iran telah menerima bantuan non-keuangan dari luar negeri dan telah didistribusikan kepada korban banjir.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan pekan lalu, sanksi Amerika yang diberlakukan kembali setelah Amerika keluar dari perjanjian nuklir 2015 antara Iran dan enam kekuatan dunia - menghambat upaya bantuan ke kota-kota dan desa-desa yang dilanda banjir.

"Peralatan yang diblokir termasuk helikopter bantuan: Ini bukan hanya perang ekonomi; ini adalah TERORISME ekonomi," tulis Zarif di Twitter.

Bencana banjir, akibat curah hujan sangat lebat sejak 19 Maret, menyulitkan badan-badan bantuan menolong 86 ribu orang mengungsi ke tempat-tempat penampungan darurat.

Pemerintah memberi tahu warga, dan terutama petani yang terimbas banjir, bahwa semua kerugian akan dikompensasi. [ka]

XS
SM
MD
LG