Tautan-tautan Akses

AS

AS akan Bebaskan Seorang Pria AS Anggota al-Qaida


Hakim pengadilan federal di New York menjatuhkan hukuman delapan tahun tiga bulan kepada Bryant Neal Vinas hari Kamis 11/5 (foto: ilustrasi).

Seorang anggota al-Qaida yang lahir di Amerika dan menjadi informan akan dibebaskan dari penjara federal setelah memberikan informasi yang sangat berguna kepada pejabat-pejabat Amerika.

Hakim pengadilan federal di New York menjatuhkan hukuman delapan tahun tiga bulan kepada Bryant Neal Vinas hari Kamis (11/5), hukuman yang telah dijalankannya dalam penjara. Tapi warga kota New York berumur 34 tahun itu juga dikenai hukuman percobaan seumur hidup.

Kata pihak kejaksaan, “Vinas mungkin adalah seorang saksi paling berharga” dalam pengusutan beberapa kasus yang menyangkut al-Qaida.

Informasi yang diberikan Vinas tentang kegiatan al-Qaida di Pakistan dan Afghanistan membantu mengidentifikasi tersangka teroris, tempat persembunyian mereka dan juga berhasil mengacaukan komplotan mereka, kata pejabat Amerika.

Vinas pernah masuk angkatan darat Amerika tahun 2002, tapi tidak selesai mengikuti latihan dasar. Ia kemudian pergi ke Pakistan tahun 2007 dan bergabung dengan kelompok-kelompok militan, karena marah atas apa yang dilihatnya sebagai penindasan oleh negara-negara barat atas warga muslim, kata pengacara Vinas. [ii]

XS
SM
MD
LG