Tautan-tautan Akses

Artis New York Dandani Sejumlah Gedung di AS dengan Seni Unik


Nang kain

Artis asal New York, Amanda Browder, sering kali bersentuhan dan bekerja dengan semua jenis kain. Namun, dia bukan mendesain busana untuk orang, melainkan "mendandani" gedung-gedung dengan gaya seni yang unik.

Ratusan potongan kain berwarna cerah yang dijahit digantungkan di Pusat Seni Arlington di Virginia. Ini adalah pameran terbaru dari artis New York, Amanda Browder, yang menggunakan gedung-gedung kota sebagai kanvasnya dan telah diberi pakaian karyanya di seluruh negeri, dari Los Angeles sampai ke Washington DC. Browder memerlukan waktu selama empat minggu untuk menghiasi Pusat Seni di Arlington, dengan bantuan sukarelawan.

“Kami selalu mencari cara untuk membuat bagian luar cerah, di halaman depan bangunan itu sendiri," ujar Kurator Pusat Seni Arlington Blair Murphy.

Browder tidak pernah membuat karyanya sendiri dan ini adalah bagian dari filosofinya. Ia mendapat bantuan dari para sukarelawan yang tidak perlu memiliki pengalaman apapun untuk membantunya. Bahkan sebagian dari para sukarelawan tersebut tidak pernah menjahit apapun dalam hidup mereka.

“Hari menjahit publik bagi orang-orang untuk datang dan berperan serta menjadi bagian dari praktik. Membuat mereka memahami proses itu dibandingkan hanya melihat hasil akhir di museum. Sangat memahami bagaimana seniman bekerja dan bagaimana proses kreatif ini dapat diresapi ke dalam dunia kita sendiri dan mungkin mengilhami mereka sendiri," kata Amanda Browder.

Bekerja dengan kain telah memesona Browder sejak dia masih kecil. Di kota asalnya Missoula, di negara bagian Montana, tidak terdapat banyak toko pakaian. Namun sebaliknya banyak toko menjual semua jenis kain. Browder suka bereksperimen dengan tekstil yang berbeda-beda ini.

"Menggunakan kain benar-benar mendorong orang untuk merasakan lebih nyaman dengan bahannya. Ada sejarah mendalam tentang kain yang terkait seni quilt atau memadukan corak-corak kain (quilt) dan pakaian. Ini semuanya berhubungan dengan mencintai manusia dan memberi mereka kehangatan dan kenyamanan," ujar Amanda Browder.

Universitas dan gereja, restoran dan pusat seni, sekolah, dan perpustakaan, bangunan apapun bisa mengilhami Browder.

"Salah satu yang paling saya minati adalah proyek yang disebut Spectral Locus, yang pada tahun 2016, berada di Museum Seni Albright-Knox Di Buffalo, New York," ujar Amanda Browder.

Saat ini Browder sedang mendekorasi enam bangunan di kota Grand Rapids di Michigan. Impian terbesarnya adalah dapat menghiasi Patung Liberty dengan tekstil yang berwarna-warni pada suatu hari.[ps/jm]

XS
SM
MD
LG