Tautan-tautan Akses

Armenia Langsungkan Pemilu Parlemen


Presiden Armenia Serzh Sargsyan memasukkan suara pada sebuah TPS di Yerevan, Armenia, Minggu (2/4).

Rakyat Armenia hari Minggu (2/4) memilih parlemen baru dalam pemilu pertama parlemen negara itu sejak mengubah konstitusinya untuk memperpanjang kewenangan parlemen dan perdana menteri.

Sebelum pemilu, jajak-jajak pendapat menunjukkan Partai Republik Presiden Serzh Sargsyan unggul tipis dari blok yang dipimpin pengusaha kaya Gagik Tsarukian.

Para pengecam mengangap perubahan konstitusi itu sebagai bagian dari kampanye presiden untuk mempertahankan kekuasaan setelah masa jabatannya berakhir tahun 2018. Jika partai Dargsyan memenangkan kekuasaan parlemen ia bisa ditunjuk sebagai perdana menteri setelah selesai menjabat sebagai presiden.

Sargsyan menyangkal tuduhan para pengecam dan sebaliknya mengatakan perubahan konstitusi itu sebagai langkah maju menuju demokrasi yang lebih kuat.

Perubahan konstitusi yang belaku setelah masa jabatan Sargysan berakhir memberi kekuasaan simbolis yang besar kepada presiden yang nantinya dipilih oleh parlemen, bukan suara terbanyak.

Armenia adalah salah satu negara bekas blok Soviet yang paling miskin akibat blokade ekonomi yang dilakukan negara tetangganya Turki.

Negara itu menjadi anggota aliansi ekonomi dan keamanan yang didominasi Rusia dan juga menjadi pangkalan militer Rusia. [my/al]

XS
SM
MD
LG