Tautan-tautan Akses

Arab Saudi Tolak Resolusi Senat AS


ARSIP - Seorang petugas kemanan bersiaga di konsulat Saudi Arabia di Istanbul, Turki, Selasa, 9 Oktober 2018 (foto: AP Photo/Lefteris Pitarakis)
ARSIP - Seorang petugas kemanan bersiaga di konsulat Saudi Arabia di Istanbul, Turki, Selasa, 9 Oktober 2018 (foto: AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Arab Saudi mengecam resolusi Senat AS yang bertujuan untuk mengakhiri dukungan militer AS terhadap perang di Yaman dan menyalahkan pangeran kerajaan Saudi atas pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi.

"Kerajaan mengecam sikap terbaru Senat AS yang dibuat berdasarkan tuduhan-tuduhan tidak berdasar, dan menolak campur tangan terang-terangan pada urusan dalam negeri," kata kementerian luar negeri dalam pernyataan yang dirilis oleh Badan Press Saudi.

Senat mengeluarkan resolusi terkait Arab Saudi pekan lalu, memilih untuk mengakhiri dukungan militer AS kepada perang di Yaman.

Senat juga mengecam pembunuhan Khashoggi dan menyebut Pangeran Kerajaan Mohammed bin Salman, pemimpin de fakto Arab Saudi, "bertanggungjawab."

Riyadh memperingatkan pihaknya tidak akan membiarkan sikap "tidak hormat" kepada pemimpinnya. "Sikap Senat AS mengirimkan pesan yang salah kepada semua pihak yang ingin menyebabkan keretakan dalam hubungan Saudi-AS," kata kementerian Saudi.

Resolusi Senat itu mengakui bahwa hubungan AS-Saudi "penting" tapi menyerukan kerajaan itu untuk "mengubah kebijakan luar negerinya yang semakin tidak menentu."

Khashoggi, seorang kontributor The Washington Post, dibunuh pada tanggal 2 Oktober tidak lama setelah memasuki konsulat Saudi di Istanbul. [vm]

XS
SM
MD
LG