Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS akan Voting Resolusi, Akhiri Dukungan Intervensi Militer Saudi 


Senat AS akan melanjutkan kembali pembicaraan terkait resolusi untuk mengakhiri dukungan Amerika bagi intervensi militer Arab Saudi dalam perang saudara di Yaman, Kamis siang (13/12).

Senat AS, Kamis siang (13/12), akan melanjutkan kembali pembicaraan mereka mengenai resolusi untuk mengakhiri dukungan Amerika bagi intervensi militer Arab Saudi dalam perang saudara di Yaman dengan pemungutan suara mengenai langkah yang direncanakan itu.

Sejumlah senator Partai Republik diperkirakan akan bergabung dengan para sejawat mereka di Partai Demokrat untuk meloloskan resolusi utu,

Senat yang dikuasai Partai Republik, Rabu, memutuskan dengan suara 60 mendukung dan 39 menolak untuk memulai perdebatan mengenai resolusi itu. Keputusan itu bertentangan dengan keinginan pemerintahan Trump yang menolak merusak kerjasama antara Washington dan sekutu lamanya, Riyadh.

"Kita perlu mengakhiri keterlibatan AS dalam pemboman warga sipil dan pembunuhan anak-anak di Yaman,” kata Senator Partai Demokrat dari Connecticut, Richard Blumenthal kepada VOA. Sementara senator independen dari Vermont, Bernie Sanders, yang ikut merancang resolusi itu mengatakan, ia berharap semua senator memanfaatkan kesempatan ini untuk mengakhiri dukungan AS bagi perang buruk yang mengerikan tersebut.

PBB mengatakan, konflik di Yaman telah menelan banyak korban sipil dan merupakan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia. [ab]

XS
SM
MD
LG