Tautan-tautan Akses

Arab Saudi Berlakukan Langkah-Langkah Penghematan


Menteri Keuangan Mohammed Al-Jadaan di Riyadh, Arab Saudi, 23 Februari 2020. (Foto: dok).

Arab Saudi menyatakan menaikkan pajak pertambahan nilai (PPT) menjadi tiga kali lipatnya dan menangguhkan pemberian tunjangan biaya hidup.

Riyadh menyatakan mulai menerapkan langkah-langkah penghematan untuk mengimbangi dana yang dikeluarkannya dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan merosotnya harga minyak global.

“Ini adalah prioritasnya: layanan kesehatan masyarakat dan mata pencaharian rakyat,” kata Menteri Keuangan Mohammed Al-Jadaan kepada Bloomberg News, Senin (11/5). “Kami ingin memastikan bahwa kami mempertahankan kekuatan fiskal kami sehingga ketika lockdown berakhir, kami mampu mendukung perekonomian.”

PPT yang baru berjalan dua tahun ini akan dinaikkan dari lima persen menjadi 15 persen mulai 1 Juli. Pengenaan pajak yang lebih tinggi ini dilakukan sementara warga kerajaan itu menghadapi penghasilan yang berkurang karena PHK sementara serta pemotongan gaji terkait wabah virus corona.

Pada bulan Juni, para pegawai pemerintah akan berhenti menerima tunjangan biaya hidup mereka. “Langkah-langkah ini menyakitkan tetapi diperlukan,” kata menteri keuangan.

BBC melaporkan pengeluaran negara Arab Saudi melampaui pendapatannya dalam kuartal pertama tahun ini, membuat kerajaan mengalami defisit 9 miliar dolar. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG