Tautan-tautan Akses

Arab Saudi Adakan Sidang Pertama untuk Para Tersangka Pembunuh Khashoggi


Seorang demonstran di luar konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, 25 Oktober 2018, menyuarakan protes sambil memegang poster jurnalis Saudi yang tewas dibunuh, Jamal Khashoggi.

Arab Saudi mengatakan pihaknya mengadakan sidang pengadilan awal, Kamis (3/1) untuk 11 orang yang didakwa sehubungan dengan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Kolumnis harian Washington Post dan pengkritik Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman itu dibunuh 2 Oktober tahun lalu setelah mengunjungi konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Kantor Pers pemerintah Saudi mengatakan tim jaksa menuntut “hukuman yang tepat” bagi para tertuduh, termasuk hukuman mati untuk lima terdakwa.

Jaksa penuntut pertama kali mengumumkan pada bulan November bahwa mereka bermaksud meminta hukuman mati bagi mereka yang "dituduh memerintahkan dan melakukan kejahatan."

Nama-nama para terdakwa belum dipublikasikan.

Kantor kejaksaan mengatakan mereka terus menyelidiki kasus ini dan telah meminta pihak berwenang di Turki untuk memberikan bukti yang mereka miliki. Namun sejauh ini, Arab Saudi mengatakan, Turki belum menanggapi permintaan itu.

Turki sebelumnya mengatakan mereka yang bertanggung jawab harus diserahkan untuk penuntutan di sana karena di negara itulah pembunuhan terjadi, dan juga menuduh Arab Saudi tidak bekerja sama dengan penyelidikannya.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan perintah untuk membunuh Khashoggi berasal dari tingkat tertinggi pemerintahan Saudi. [lt]

XS
SM
MD
LG