Tautan-tautan Akses

Apple Terima Lonjakan Permintaan Pemerintah Terkait Kemananan Nasional


Logo 3 Dimensi Apple di depan kode siber dalam sebuah foto ilustrasi. (Foto:Dok)

Menurut sebuah laporan perusahaan pada Kamis (28/09), Apple Inc telah menerima lebih dari empat kali permintaan terkait keamanan nasional dari pemerintah Amerika Serikat pada paruh pertama tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu.

Apple mengatakan telah menerima sekitar 13.250 sampai 13.499 permintaan keamanan nasional yang mempengaruhi sekitar 9.000 sampai 9.249 pengguna. Berbanding dengan kisaran 2.750 sampai 2.999 permintaan yang mempengaruhi 2.000 sampai 2.249 pengguna pada paruh pertama tahun 2016.

Permintaan datang dalam bentuk apa yang disebut National Security Letters, atau NSLs, serta permintaan berdasarkan Foreign Intelligence Surveillance Act, atau FISA.Angka dalam laporan Apple dan perusahaan lainnya bervariasi karena peraturan pemerintah tidak memperbolehkan untuk mengungkap angka sebenarnya.

Apple menolak untuk berkomentar lebih lanjut di luar angka yang telah dipublikasikan perusahaan.

Keterbukaan perusahaan bersifat sukarela, dan perusahaan seperti Microsoft Corp dan Facebook Inc belum melaporkan angka apa pun untuk tahun 2017. Di masa lalu, perusahaan tersebut telah mengeluarkan laporan yang lebih terperinci, misalnya memisahkan permintaan FISA dan NSLs. Pemerintah mewajibkan perusahan-perusahaan tersebut untuk menunggu enam bulan untuk melaporkan tingkat informasi.

Alphabet Inc Google mengatakan telah menerima antara 0 hingga 499 Surat-surat Keamanan Nasional yang meminta informasi terhadap 1.000 hingga 1.499 akun pengguna di paruh pertama tahun 2017. Menurut laporan transparansi Google setahun lalu, jumlah permintaan sama tapi pemerintah meminta informasi mengenai sekitar 500 hingga 999 akun. Nomor permintaan FISA tahun 2017 untuk saat ini belum tersedia.

Tidak jelas apa yang mendorong kenaikan permintaan kepada Apple. Namun Andrew Crocker, seorang staf pengajar bersama Electronic Frontier Foundation, mengatakan bahwa jumlah permintaan pemerintah terhadap perusahaan teknologi telah meningkat sejak tahun 2014, ketika data mulai tersedia sebagai bagian dari penyelesaian antara perusahaan teknologi dan pemerintah.

"Tidak ada rekam jejak besar di sini, tapi Anda bisa mulai membuat grafik sederhana. Trennya terlihat naik ke atas, "kata Crocker.

Crocker juga mengatakan permintaan menjadi lebih tinggi kepada Apple bisa mewakilinya sejalan dengan perusahaan. Meskipun basis pengguna Apple yang besar - telah terjual lebih dari 1,2 miliar iPhone - jumlah permintaan untuk itu relatif rendah dibandingkan dengan perusahaan seperti Google atau Microsoft.

Surat keamanan nasional adalah jenis panggilan pemerintah untuk data komunikasi yang dikirim ke penyedia layanan. Mereka biasanya dikeluarkan dengan perintah, membuat target seringkali tidak menyadari bahwa catatan mereka sedang diakses, dan tindakan initidak memerlukan surat perintah. [aa/fw]

XS
SM
MD
LG