Tautan-tautan Akses

Apple Luncurkan Speaker 'HomePod,' Produk Baru Pertamanya dalam Beberapa Tahun Terakhir


Phil Schiller, Senior Vice President Worldwide Marketing Apple, memperkenalkan speaker HomePod di Konferensi Pengembang Apple, Senin, 5 Juni 2017, di San Jose , California. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Apple merangkul beberapa tren teknologi yang sedang melejit dengan meluncurkan sebuah home speaker "pintar" dan fitur perangkat seperti realitas maya, privasi online, dan sejenis kecerdasan buatan yang disebut machine learning.

Speaker yang diluncurkan hari Senin (5/6) mirip dengan perangkat dari pesaing lainnya, beberapa di antaranya sudah berada di pasaran selama beberapa tahun. Seperti perangkat Amazon Echo dan Google Home, speaker HomePod milik Apple akan memainkan musik selagi membantu penggunanya mengatur kehidupan sehari-hari serta urusan rumah. Fitur Siri akan merespon pada perintah suara untuk pencarian informasi dan keperluan lainnya di sekitar rumah.

Ini adalah perangkat baru Apple pertama sejak peluncuran jam tangan pintar pada April 2015.

Speaker ini akan dijual seharga $350 pada bulan Desember tahun ini di Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. Sebagai perbandingan, Amazon menjual versi umum Echo dengan harga $180; sementara speaker Home milik Google dijual dengan $130.

Echo, yang diluncurkan tahun 2015, dan Google Home, yang diluncurkan tahun lalu, adalah pendatang pertama di pasaran yang menjanjikan. Diperkirakan lebih dari 35 juta orang di Amerika Serikat akan menggunakan speaker berbasis perintah suara setidaknya sekali sebulan dalam satu tahun, menurut badan riset eMarketer.

Mengamati Realita dengan Realitas Maya (VR)

Perangkat iMac baru yang diluncurkan hari Senin di konferensi tahunan Apple, yang dihadiri programmer perangkat lunak, memiliki layar dan kemampuan grafis yang lebih baik. Menurut Apple, ini membuat Mac menjadi platform yang baik untuk perkembangan "pengalaman" VR.

Namun, Apple terlambat masuk dalam persaingan VR. Samsung dan Google sudah memiliki sistem VR yang berbasis smartphone. Facebook, HTC, dan Sony juga memiliki sistem VR yang canggih.

Realitas maya telah disebut-sebut sebagai hal mutakhir selama beberapa dasawarsa. Tetapi sejauh ini, hanya pemain game, pengembang perangkat lunak dan keras yang menggunakannya sehari-hari.

Keikutsertaan Apple dalam pasar ini dapat mengubah asumsi tersebut. Kepeloporannya dalam penjualan musik digital dengan iTunes, dan dalam pasaran smartphone melalui iPhone, menyetir industri-industri tersebut ke arah lain dan menarik perhatian publik.

Fitur iPhone Baru

Fitur baru yang ditambahkan pada iPhone dan iPad antara lain pesan yang dapat disinkronisasikan pada server Apple di cloud. Perangkat tersebut hanya dapat menyimpan beberapa pesan terkini dalam memori lokal.

Untuk gambar, Apple beralih pada "high efficiency" untuk menggantikan standar JPEG yang banyak digunakan. Meskipun format tersebut tidak ekslusif milik Apple, masih belum jelas bagaimana gambar-gambar tersebut akan digunakan pada perangkat non-Apple, yang kebanyakan menggunakan JPEG.

Apple juga menambahkan kemampuan mengirim uang ke teman atau orang lain melalui fitur pembayaran Apple Pay. Sampai saat ini, layanan tersebut memilliki jumlah terbatas pada pembayaran serta pembelian produk dan jasa dari perusahaan-perusahaan dan berbagai organisasi.

Pembaharuan perangkat lunak gratis pada perangkat mobile untuk iOS 11 diperkirakan akan dirilis pada bulan September, ketika Apple biasanya meluncurkan iPhone baru.

MAC Mendapatkan Upgrade

CEO Apple Tim Cook meluncurkan sistem operasi terbaru untuk komputer Mac. Diberi nama High Sierra, sistem ini dapat mengenali lebih banyak muka secara otomatis, yang seharusnya membuat pengelompokan gambar lebih gampang, dan menyediakan lebih banyak fitur pengedit foto.

Safari, web browser buatan Apple, akan berusaha memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna internet. Perbaikan ini akan memungkinkan pengguna memblokir video auto-play secara otomatis dengan mendeteksi video yang tidak seharusnya diputar saat Anda membuka halaman web untuk membaca artikel, contohnya.

Sedangkan fitur baru "pencegahan pelacakan pintar" akan menggunakan machine learning untuk mengidentifikasi dan memblokir pengintai digital untuk iklan agar pengiklan tidak bisa mengikuti jejak pengguna dan menyimpan data profilnya. Namun, fitur ini tidak akan memblokir iklannya.

Menonton Lewat Apple Watch

Apple juga memperbaharui sistem operasi Apple Watch dengan meluncurkan tampilan baru serta notifikasi yang dipersonalisasi untuk menyediakan informasi kepada pemiliknya berdasarkan kegiatan dan selera mereka melalui machine learning.

Aplikasi untuk olahraga juga diperbaiki, contohnya, untuk mendukung latihan interval berintensitas tinggi. Pengguna Apple Watch juga akan bisa bertukar data dengan peralatan gym.

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa streaming Amazon, Apple juga akan menyertakan Amazon Prime ke aplikasi Apple TV. [ds/dw]

XS
SM
MD
LG