Tautan-tautan Akses

India Luncurkan Roketnya yang Paling Berat


Publik menyaksikan peluncuran roket Vehicle Mk III milik organisasi riset Antariksa India dari Sriharikota, India, 5 Juni 2017. (AP Photo).

Badan antariksa India, Senin (5/6) bersiap-siap meluncurkan roket terberatnya yang akan membawa satu satelit komunikasi dari landasan peluncuran di lepas pantai tenggara negara itu.

Organisasi Penelitian Antariksa India mengatakan roket tersebut diluncurkan Senin sore (5/6) dari Sriharikota di negara-bagian Andhra Pradesh.

Para ilmuwan mengatakan roket tersebut dapat digunakan di masa depan untuk membawa seorang astronot ke antariksa, kemampuan yang hanya Rusia, Amerika dan China yang dapat melakukannya.

India berharap keberhasilan peluncuran satelit yang beratnya 3.136 kilogram, tersebut akan dapat memperluas usaha peluncuran komersilnya. Sebelumnya, India menggunakan roket Perancis untuk meluncurkan satelit komunikasinya yang lebih berat.

Ketua badan antariksa India, A.S. Kiran Kumar, mengatakan ini adalah roket dan satelit yang paling berat diluncurkan dari negara itu.”

Roket tersebut menggunakan mesin buatan India dan menggunakan energi oksigen cair dan hidrogen cair, kata Kumar kepada para wartawan. [gp]

XS
SM
MD
LG