Tautan-tautan Akses

AS

Aplikasi Pelatihan Otak Bantu Polisi Berkinerja Lebih Baik


Akademi kepolisian di negara bagian Washington telah memasukkan"pelatihan otak" ke dalam kurikulumnya. (Foto: video screengrab)

Akademi kepolisian di negara bagian Washington telah memasukkan apa yang disebut "pelatihan otak" ke dalam kurikulumnya. Pencipta aplikasi itu menyebutnya pergeseran paradigma bagi kepolisian.

Baik dalam latihan maupun peristiwa nyata, situasi tegang bisa memicu polisi bertindak secara fisik, ujar Sean Hendrickson dari Komisi Pelatihan Peradilan Pidana Negara Bagian Washington. Itu adalah akademi kepolisian untuk sebagian besar penegak hukum di negara bagian tersebut.

“Kita tidak menyadari apa yang terjadi di kanan dan kiri kita. Ada kasus-kasus di mana petugas polisi berdiri rapat dengan rekan mereka dan berteriak di telinga mereka, tetapi petugas itu tidak mendengar," jelasnya.

Dokter ahli saraf dan pendiri kedua program pelatihan Cognitif Command atau Perintah Kognitif Jonathan Page menjelaskan, "Fungsi kognitif merosot secara signifikan sehingga pemikiran kritis, pengambilan keputusan, sebagian besar bergantung pada seberapa stres seseorang, tetapi itu bisa hilang sepenuhnya."

Pada umumnya pelatihan polisi berfokus pada taktik fisik. (Foto: video screenshot)
Pada umumnya pelatihan polisi berfokus pada taktik fisik. (Foto: video screenshot)

Sebelum protes-protes tahun ini menuntut reformasi polisi, akademi kepolisian di negara bagian Washington telah memasukkan program Cognitive Command, disingkat C2, untuk melatih otak petugas cara meredakan situasi tegang.

Umumnya pelatihan polisi berfokus pada taktik fisik. Aplikasi C2 melatih bagian otak bawah sadar untuk beroperasi lebih efisien selama stres dan meningkatkan kewaspadaan sehingga petugas dapat bertindak, alih-alih bereaksi.

Dengan sesi pelatihan dua hingga lima menit, C2 melacak kemajuan seperti seberapa banyak dan seberapa sering petugas berlatih dan kursus pelatihan apa yang telah mereka selesaikan.

Aplikasi Pelatihan Otak Bantu Polisi Berkinerja Lebih Baik
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:05 0:00

Chelsea Quiggle pada Clark County adalah petugas yang baru direkrut dan menjalani pelatihan itu. “Hanya mengingatkan diri kita sendiri untuk bernapas. Jadi, itu menjaga diri kita dan keadaan berpikir otak kita tidak terlibat pada apa yang kita lihat, menutup pendengaran, hal-hal semacam itu. Memindai sekitar kita, memastikan bahwa tidak ada ancaman lain,” jales ACT Quiggl C2 telah melakukan hampir 40 kajian di antara 13 lembaga.

Walaupun petugas mengatakan tidak ada yang lebih baik dari pengalaman, akademi kepolisian di negara bagian Washington telah melihat hasil yang menjanjikan dengan pelatihan C2.

Aplikasi Pelatihan Polisi Bantu Pengamanan yang Lebih Baik
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:53 0:00

“Pelatihan C2 memungkinkan petugas yang lebih baru otomatis berperilaku seperti ini ketika bertugas. Perlu waktu tiga hingga lima tahun bagi petugas lain yang tidak mengikuti pelatihan C2 ini untuk membangun perilaku tersebut,” jelas Sean Hendrickson.

Tindakan seperti berlindung dan melakukannya lebih cepat bisa meningkatkan kemungkinan menjaga keamanan petugas dan publik.[ka/lt]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG