Tautan-tautan Akses

AS

9 Antariksawan akan Terbang dalam Kapsul Komersial


Perusahaan SpaceX dan Boeing sedang mengembangkan kapsul antariksa yang bisa mengangkut astronot ke dan dari stasiun antariksa (foto: ilustrasi).

Badan antariksa Amerika NASA mengumumkan 9 antariksawan yang akan naik kapsul antariksa komersial pertama ke orbit tahun depan.

Langkah itu menandai perubahan signifikan dalam program luar angkasa Amerika, yang kini akan menggabung pelatihan astronot oleh NASA dan kapsul antariksa oleh sektor swasta. Kapsul itu, dibuat SpaceX dan Boeing, akan mengangkut antariksawan dan kargo bolak-balik ke dan dari Stasiun Antariksa Internasional.

Sejak program pesawat ulang alik antariksa dihentikan tahun 2011, NASA harus bergantung pada Rusia untuk mengangkut antariksawan ke Stasiun Antariksa Internasional.

Ke-9 antariksawan baru itu terdiri atas tujuh laki-laki dan dua perempuan.

Tahun 2014, SpaceX mendapat kontrak 2,6 miliar dolar dan Boeing, 4,2 miliar dolar untuk membuat kapsul antariksa yang bisa mengangkut astronot ke dan dari stasiun antariksa.

Kedua perusahaan merencanakan uji terbang kapsul buatan mereka akhir tahun ini atau awal tahun depan. Ke-9 awak pertama kapsul itu berharap bisa terbang dari Cape Canaveral, Florida, pada musim semi atau musim panas mendatang. [ka]

XS
SM
MD
LG