Tautan-tautan Akses

NASA Rayakan 50 Tahun Pendaratan di Bulan


Mantan Direktur Pusat Antariksa Johnson, Gerry Griffin (kiri), direktur penerbangan untuk seluruh misi berawak Apollo, duduk di sebelah astronot Apollo Harrison Schmitt, Rusty Schweickart, Walt Cunningham dan Tom Stafford, dari kedua dari kiri, dalam diskusi panel Gala Perayaan Apollo di Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, 21 Juli 2018.

Badan Antariksa Nasional Amerika (NASA) selama setahun menggelar rangkaian acara memperingati 50 tahun pendaratan pertama di bulan.

Acara dimulai Sabtu (21/7) malam lalu di Kennedy Space Center, Florida, dihadiri ratusan tamu, tetapi mantan antariksawan NASA Buzz Aldrin tidak hadir. Aldrin ikut misi bersejarah Apollo 11 yang mendarat di bulan pada 20 Juli 1969.

Aldrin terlibat sengketa hukum dengan anggota keluarga yang membantunya mengelola yayasan nirlaba pendidikan antariksa. Aldrin baru-baru ini menggugat dua anaknya yang sudah dewasa dan mantan manajer bisnis. Dia menuduh mereka menyalahgunakan dana yayasan dan memfitnah dengan mengatakan ia menderita demensia.

Dalam misi Apollo 11 pada 1969, Armstrong dan Aldrin bersama Michael Collins tiba di Bulan. Armstrong pertama kali berjalan di Bulan, disusul segera oleh Aldrin.

Jutaan orang di dunia menyaksikan Armstrong melangkah ke permukaan bulan dan mengucapkan kalimat yang kini terkenal: "Itu adalah satu langkah kecil bagi manusia, satu lompatan besar bagi umat manusia." [ka]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG