Tautan-tautan Akses

Anjing Terapi Bantu Atasi Kecemasan Anak di Sekolah dan Ruang Pengadilan


Reggie (kanan) dan Theo, anjing jenis Labrador retrievers, di New York, AS, 21 Maret 2017. (REUTERS/Mike Segar). Anjing ini diyakini dapat membantu mengatasi kecemasan anak di sekolah dan ruang pengadilan.

Roxy dan Quinton tampak seperti anjing Labrador pada umumnya, namun mereka memiliki pekerjaan yang sangat serius.

Dalam dua tahun terakhir, anjing-anjing itu telah membantu banyak remaja dalam mengatasi kecemasan saat keduanya mengunjungi sekolah-sekolah dan perpustakaan.

Zara Green, murid SD di Darwin, Australia, mengatakan, "Apa yang benar-benar saya sukai dari anjing adalah, jika kita sedang mengalami hari yang buruk, hewan itu dapat mengubahnya menjadi salah satu hari yang sangat menyenangkan."

Anjing Terapi Bantu Atasi Kecemasan Anak di Sekolah dan Ruang Pengadilan
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:48 0:00

Kini Roxy dan Quinton mungkin akan mendapat tugas baru.

Awal tahun ini, Quinton menjadi anjing pertama yang diperbolehkan memasuki ruang pengadilan di Northern Territory, untuk menenangkan anak-anak yang gugup ketika mereka memberikan kesaksian dalam sidang kasus perlindungan anak, dan bagi remaja yang dikurung dalam sel tahanan sambil menunggu keputusan hakim.

Hannah Taino-Spick, pengurus anjing-anjing tersebut mengatakan, "Ketika anak-anak sedang dalam proses pengadilan, mereka benar-benar tidak diperbolehkan menjadi anak-anak, mereka tidak dapat bertindak atau mengekspresikan diri mereka sebagai anak-anak. Namun ketika kami datang bersama anjing-anjing itu, Anda dapat melihat jelas perubahan seperti, oh saya adalah anak-anak, saya dapat bersikap seperti anak-anak."

Labrador retriever Rummy (14 minggu, kiri), dan Lincoln (2 1/2 tahun) di Museum of the Dog, New York, 20 Maret 2019.
Labrador retriever Rummy (14 minggu, kiri), dan Lincoln (2 1/2 tahun) di Museum of the Dog, New York, 20 Maret 2019.

Quinton, si anjing Labrador itu sebelumnya telah melakukan tugas-tugas tersebut di pengadilan, yaitu membantu anak-anak yang terlibat dalam proses hukum.

Berdasarkan pengalaman tersebut, kini ada desakan supaya anjing terapi menjadi sosok yang selalu hadir di sistem peradilan Northern Territory.

Jaksa Agung Northern Territory Selena Uibo mengatakan, ia mendukung dan mendorong inovasi semacam ini di dalam ruang sidang dan sedang mempertimbangkan umpan balik dari program percontohan itu.

Di manapun mereka berada, di kelas atau di ruang sidang, kedua anjing terapi Labrador yang bernama Roxy dan Quinton itu, memberikan pengaruh yang besar kepada anak-anak. [lj/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG