Tautan-tautan Akses

Angkatan Laut Iran Mulai Latihan Dekat Selat Hormuz


Kapal induk militer Iran saat parade kelautan di dekat Selat Hormuz pada Januari 2012. (Foto: ilustrasi)

Angkatan Laut Iran memulai latihan tahunan hari Minggu (26/2) dekat Selat Hormuz yang strategis, latihan besar pertamanya sejak pelantikan Presiden Amerika Donald Trump, kata laporan televisi pemerintah.

Laporan televisi itu mengutip pimpinan angkatan laut Iran, Laksamana Habibollah Sayyari mengatakan latihan dua hari itu meliputi daerah seluas dua juta kilometer persegi di Laut Oman dan Samudera Hindia dekat selat itu. Laporan televisi tersebut menunjukkan kapal-kapal perang dan helikopter Iran turut dalam latihan itu.

Hampir sepertiga dari semua minyak yang diperdagangkan melalui laut melintasi selat Hormuz dan selat itu telah menjadi tempat konfrontasi sebelumnya antara Amerika dan Iran.

Tetapi latihan itu tidak melibatkan Pengawal Revolusioner elit Iran, pasukan paramiliter yang sering dikecam Angkatan laut Amerika karena mengganggu kapal-kapalnya.

Armada ke-5 Angkatan Laut Amerika, yang berpangkalan di Bahrain, tidak mau menanggapi latihan tersebut atau membicarakan apakah Amerika berencana memantau latihan itu.

Angkatan laut Iran secara rutin mengadakan latihan perang yang katanya bertujuan meningkatkan kesiagaan terhadap ancaman. Iran juga mengerahkan kapal-kapal perang ke perairan internasional di lepas pantai Teluk Aden untuk melawan pembajakan. [gp]

XS
SM
MD
LG