Tautan-tautan Akses

AS

Angin Kencang Tingkatkan Risiko Penyebaran Api di California Selatan


Kobaran api yang dijuluki "Getty Fire" terlihat berkobar dekat Getty Center di sepanjang jalan 405 North menuju Los Angeles, California, 28 Oktober 2019. (Foto: dok).

Sementara angin yang menyebabkan kebakaran besar di California utara telah mereda, petugas pemadam kebakaran di bagian selatan negara bagian itu bersiap-siap menghadapi apa yang diramalkan oleh para peramal cuaca sebagai angin paling kencang dalam bertahun-tahun yang kemungkinan dapat memperluas area kebakaran dari api yang membakar wilayah di barat Los Angeles.

Kedua wilayah itu mengalami cuaca panas dan kering yang biasa melanda setiap tahun pada bulan-bulan sekarang ini dan meningkatkan risiko kebakaran hutan yang meluas karena tiupan angin.

Tim pemadam kebakaran, Selasa (29/10) berhasil memadamkan sebagian kebakaran di Getty Fire (Kebakaran Getty) di California selatan dan Kincade Fire (Kebakaran Kincade) di California utara. Para pejabat mengatakan para petugas dapat mengatasi 15 persen kebakaran di dua tempat itu.

Para pejabat khawatir bahwa pada Rabu (30/10) dan Kamis (31/10) ini, Getty Fire bisa meluas dari ukurannya saat ini, yakni sekitar 265 hektar karena kecepatan angin diperkirakan mencapai 128 kilometer per jam sehingga dapat mengangkat bara dan menyebarkannya ke lahan yang belum terbakar, atau menyalakan kembali daerah yang baru saja dipadamkan di mana masih tersisa bara api.

Di wilayah anggur di California Utara, para pejabat lebih berpengharapan dan optimis dengan cuaca setelah berhari-hari diterpa angin yang memperluas kobaran api yang menghanguskan wilayah seluas lebih dari 30.000 hektar. Badan Cuaca Nasional mengatakan angin akan mereda hari Rabu (30/10) dan bahwa kondisi cuaca terlihat baik pada sisa minggu ini, meskipun wilayah itu diperkirakan akan tetap kering tanpa hujan. [lt/uh]

XS
SM
MD
LG