Tautan-tautan Akses

Ancaman Keamanan, Perusahaan Tambang Kanada Hentikan Operasi di Meksiko


Warga Meksiko membentuk pertahanan sipil untuk melawan kartel narkoba di daerah mereka (foto: ilustrasi).
Warga Meksiko membentuk pertahanan sipil untuk melawan kartel narkoba di daerah mereka (foto: ilustrasi).

Perusahaan pertambangan Kanada, Pan American Silver Corporation telah menghentikan sebagian operasinya di Meksiko bagian utara karena ancaman keamanan. Ini adalah perkembangan paling baru dalam serangkaian insiden yang mengakibatkan perusahaan-perusahaan besar menghentikan bisnis mereka di Meksiko.

Kata pemimpin perusahaan Pan American Silver Company, Michael Steinmann, terjadi serangkaian insiden di jalan-jalan menuju ke kawasan pertambangan di negara bagian Chihuahua, di mana banyak beroperasi kartel narkoba. Kantor berita Associated Press melaporkan akhir minggu lalu, para pekerja tambang terpaksa bersembunyi di dalam tambang karena diancam oleh kelompok orang-orang bersenjata.

Dewan Koordinasi Bisnis Meksiko hari Senin mengeluh bahwa aksi-aksi kejahatan telah mengakibatkan Pan American Silver dan dua perusahaan besar lainnya menutup pabrik mereka.

Kejahatan telah mengakibatkan hilangnya pekerjaan di Meksiko dan rusaknya iklim investasi global di negara itu, kata Dewan Koordinasi Bisnis tadi.

Salah satu perusahaan pangan terbesar Meksiko, Lala, menghentikan operasinya sejak minggu lalu di sebuah pusat distribusi di negara bagian Tamaulipas, juga karena alasan keamanan. [ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG