Tautan-tautan Akses

AS

Ancam Agen Real-Estat Yahudi, Penerbit Neo-Nazi Didenda AS$14 Juta 


Seorang anggota kelompok nasionalis kulit putih membakar lambang swastika dan salib di luar Kota Atkins, Arkansas, 9 Maret 2019.

Hakim di negara bagian Montana memerintahkan penerbit website neo-Nazi membayar ganti rugi senilai AS$14 juta atau sekitar Rp 198,78 miliar kepada seorang agen real estat, karena menghasut pembacanya untuk mengganggu dan mengancam agen perumahan itu.

Karena hasutan website neo-Nazi itu, Tanya Gersh mendapat ratusan email dan telepon yang mengancam dengan nada anti-Yahudi.

Hakim distrik Dana Christensen menyatakan Tanya menang dalam gugatan hukumnya karena pemilik website Andrew Anglin tidak muncul di pengadilan.

Hakim memerintahkan pembayaran ganti rugi itu dan sekaligus menghapus semua postingan, komentar dan foto-foto tentang Gersh, suami dan putranya.

Anglin menuduh Gersh berusaha mengusir ibu seorang warga nasionalis kulit putih Richard Spencer dari Kota Whitefish pada 2016. Ia kemudian memasang informasi pribadi tentang Tanya Gersh dan keluarganya di website miliknya dan bertanya pada para pembaca “apakah kalian siap untuk melancarkan serangan?”

Tanya Gersh mengatakan ia dan keluarganya menerima ratusan ancaman dan pesan-pesan mengerikan selama berbulan-bulan.

Ini adalah hukuman denda kedua yang dijatuhkan atas Anglin dalam beberapa bulan terakhir. Hakim federal di negara bagian Ohio memerintahkan Anglin membayar ganti rugi kepada Dean Obeidallah, seorang penyiar radio muslim, sebesar AS$4,1 juta atau Rp 58,17 miliar karena Anglin menuduhnya melakukan aksi teroris. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG