Tautan-tautan Akses

Amerika Serikat Peringati Ulang Tahun Genosida di Rwanda


Obama mengatakan dunia curahkan perhatian pada mereka yang meninggal dan hormati yang selamat dari genosida tahun 1994.

Ketika Presiden Amerika Barack Obama berpidato memperingati ulang tahun ke-16 genosida atau pembantaian etnis besar-besaran di Rwanda, ia mengatakan dunia harus memperbarui komitmennya untuk mencegah kekejaman..

Dalam pernyataan hari Rabu, Presiden Obama mengatakan dunia mencurahkan perhatian pada mereka yang meninggal dan menghormati mereka yang selamat dari genosida tahun 1994. Ia mengatakan tidak cukup hanya dengan mengatakan” jangan sampai terjadi lagi." Presiden Obama menambahkan bahwa masyarakat internasional harus melipat-duakan usaha untuk mencegah tindakan semacam itu.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon mengatakan cara terbaik bagi masyarakat dunia mengenang genosida itu adalah berjanji untuk melakukan tekad baru guna mencegah terulangnya kekejaman besar-besaran.

Ia mengatakan masyarakat internasional bersikap tegas dan kompak bersatu melawan genosida, kejahatan perang dan kejahatan terhadap umat manusia.

Pada tahun 1994, pada hari Selasa, 7 April, kaum ekstremis Etnik Hutu mulai melakukan pembunuhan terhadap warga suku Tutsi. Dalam 100 hari, kaum ekstremis membunuh sekitar 800.000 warga Tutsi dan warga Hutu moderat.

XS
SM
MD
LG