Tautan-tautan Akses

Amerika Perluas Sanksi atas Iran


Selain perluasan sanksi, AS juga memberlakukan penalti terhadap perusahaan dan individu terkait program nuklir Iran.

Amerika telah mengumumkan sebuah perluasan dari sanksinya terhadap Iran, memberlakukan penalti terhadap perusahaan dan individu yang terkait dengan program nuklir dan misil Iran.

Menteri Keuangan Timothy Geithner mengumumkan sanksi yang diperluas itu Rabu. Ia menyebut ini sebagai langkah pertama pelaksanaan sanksi terhadap Iran yang disetujui DK PBB minggu lalu.

Geithner mengatakan dalam sebuah konferensi pers di Gedung Putih, bahwa Amerika berharap negara-negara lain juga mengumumkan penalti-penalti baru terhadap Iran dalam waktu dekat. Uni Eropa bersiap memberlakukan sanksi baru terhadap Teheran pada Kamis, menyasarkan sektor-sektor penting dari sektor gas dan minyak Iran.

Amerika Rabu memasukkan dalam daftar hitam Bank Pos Iran, sehingga total ada 16 bank milik Iran yang dikenakan sanksi. Pejabat juga memasukan lima perusahaan lain dan lebih dari 90 kapal yang dianggap merupakan bagian dari armada angkutan laut Iran dan dipakai untuk menghindari sanksi.

Geithner mengatakan Amerika juga menyasarkan unsur-unsur dan individu terkait dengan Korps Garda Revolusioner Iran, yang memainkan peran penting dalam program misil Iran.

XS
SM
MD
LG