Tautan-tautan Akses

Amerika Janjikan Bantuan untuk Meksiko dalam Perang Narkoba


Menlu Clinton hari Selasa memimpin delegasi tingkat tinggi ke Meksiko untuk mengadakan pembicaraan.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton menjanjikan usaha Amerika yang berkelanjutan untuk membantu Meksiko dalam perangnya melawan kartel narkoba, sementara mengakui bahwa permintaan Amerika akan narkoba membantu memperburuk masalah tersebut.

Menteri Clinton hari Selasa memimpin delegasi tingkat tinggi ke Meksiko untuk mengadakan pembicaraan yang menilai Prakarsa Merida, kemitraan selama beberapa tahun bernilai 1,4 milyar dolar yang bertujuan untuk membantu Meksiko memerangi kartel narkoba.

Delegasi itu terdiri dari Menteri Pertahanan Robert Gates, Menteri Keamanan Dalam Negeri Janet Napolitano dan Ketua Gabungan Kepala Staf Angkatan Bersenjata AS, Laksamana Michael Mullen.

Menteri Clinton mengatakan tidak diragukan bahwa kartel-kartel narkoba berperang melawan pemerintah Amerika dan Meksiko. Ia juga mengatakan penting untuk memperkuat lembaga-lembaga dan membina masyarakat yang kuat dan tangguh untuk menghadapi isu itu.

Lebih 15.000 orang telah tewas dalam kekerasan terkait narkoba di Meksiko sejak Presiden Felipe Calderon mulai menjabat tahun 2006 dan mulai menindak kartel narkoba. Clinton juga bertemu dengan Presiden Calderon sebelum meninggalkan Meksiko.

XS
SM
MD
LG