Tautan-tautan Akses

AS dan Pakistan Berjanji Pererat Kerjasama


Menteri Luar Negeri Hillary Clinton dan Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi mengatakan mereka berkomitmen pada kerjasama bilateral.

Amerika dan Pakistan telah mengakhiri dialog strategis pertama yang pernah dilakukan pada tingkat menteri dengan janji akan mempererat kerjasama dalam pertahanan, keamanan, ekonomi, perdagangan, dan bidang-bidang lainnya.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan pada akhir pertemuan dua hari itu hari Kamis, Menteri Luar Negeri Hillary Clinton dan Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi mengatakan mereka berkomitmen pada kerjasama bilateral.

Mereka menekankan bahwa inti dari kemitraan itu adalah nilai-nilai demokrasi bersama, saling percaya dan saling hormat.

Amerika berjanji untuk membantu Pakistan mengatasi kekurangan energi, memperbaiki akses pasar untuk barang-barang Pakistan, membantu negara itu mengatasi tantangan-tantangan sosial-ekonomi, dan memperbaiki konservasi dan penggunaan air di negara itu.

Kedua pihak menegaskan kembali pentingnya memajukan perdamaian dan stabilitas di Afghanistan serta di kawasan itu, dan sepakat bahwa dialog berikutnya akan diselenggarakan di Islamabad.

XS
SM
MD
LG