Tautan-tautan Akses

Aliran Lahar Ancam Perumahan Warga di Hawaii


Aliran lahar dari letusan gunung Kilauea terus mendekati perumahan warga kota Pahoa di Hawaii (foto: dok).
Aliran lahar dari letusan gunung Kilauea terus mendekati perumahan warga kota Pahoa di Hawaii (foto: dok).

Para geolog mengatakan ujung depan aliran lahar gunung Kilauea hanya berjarak 70 meter dari kota Pahoa dan dapat mencapainya dalam sehari lagi.

Sungai lahar selebar 50 meter kini mengalir di lereng gunung di pulau di negara bagian Hawaii, mengancam akan menghanguskan rumah-rumah yang berada di jalurnya.

Para geolog mengatakan ujung depan aliran itu berjarak 70 meter dari kota Pahoa dan dapat mencapainya dalam sehari lagi.

Sekitar 1.000 penduduk desa itu telah mengungsi dan para pejabat memperingatkan penduduk Pahoa bahwa aliran lahar bersuhu lebih dari 1000 derajat Celcius dari gunung Kilauea ke kota itu tampaknya “tidak terelakkan.”

Pihak berwenang memberitahu ribuan lagi agar bersiap-siap mengungsi.

Palang Merah menyediakan tempat-tempat penampungan bagi warga Hawaii yang berisiko. Daerah bersejarah bekas kebun tebu itu dengan toko-toko kecil dan rumah-rumah itu berada di Pulau Besar Hawaii – yang terbesar dari delapan pulau utama di negara bagian itu.

Aliran lahar itu mengancam kota mulai 27 Juni, tetapi Gunung Kilauea terus-menerus menyemburkan lahar panas sejak tahun 1983.

XS
SM
MD
LG