Tautan-tautan Akses

Alat untuk Periksa Kesehatan Mata dari Rumah


Phoebe Yu mendemonstrasikan cara kerja alat "VisionCheck 2" dari EyeQue (Foto: REUTERS/Rick Wilking).
Phoebe Yu mendemonstrasikan cara kerja alat "VisionCheck 2" dari EyeQue (Foto: REUTERS/Rick Wilking).

Sebagian dari Anda mungkin sering menunda pemeriksaan kesehatan mata ke dokter. Akan tetapi, sebuah perusahaan di Amerika muncul dengan solusi, di mana pasien bisa memeriksa mata mandiri di rumah, dengan bantuan telepon pintar.

Akibat pandemi virus corona, orang-orang di seluruh dunia kesulitan untuk berobat secara tatap muka. Akan tetapi, perusahaan bernama EyeQue memungkinkan pasien menjadi ‘dokter mata’ dadakan di rumah.

Direktur Pemasaran EyeQue, Phoebe Yu, mengatakan, “Kami selama ini fokus mengembangkan perangkat pemeriksaan kesehatan mata dengan harga terjangkau, mudah diakses dan akurat yang bisa Anda lakukan sendiri menggunakan telepon pintar.”

VisionCheck 2 dari EyeQue adalah perangkat yang berfungsi menggunakan telepon pintar untuk melakukan pemeriksaan mata bagi penderita rabun dekat, rabun jauh dan mata silindris.

“VisionCheck 2 sebenarnya refraktometer generasi ketiga kami yang membantu Anda mengukur daya perbaikan pandangan Anda yang hasilnya bisa dipakai untuk memesan kaca mata secara daring.”

Dalam serangkaian tes, pengguna akan diperlihatkan dua garis dalam berbagai sudut di horizon. Lalu, dengan menggunakan perangkat VizionCheck2, mereka diminta memosisikan kedua garis itu hingga tampak menyatu.

“Perangkat ini didasarkan pada teknologi yang dipatenkan MIT yang dilisensikan secara eksklusif kepada EyeQue,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Sederhananya, tes ini memproyeksikan beberapa berkas cahaya ke mata Anda dan… kami dapat menghitung mundur daya perbaikan pandangan yang Anda butuhkan agar bisa melihat dengan jelas."

Phoebe mengatakan VisionCheck2 tidak bisa menggantikan peran dokter sepenuhnya. “Tapi kalau Anda hanya perlu memperbarui angka plus/minus untuk membeli kaca mata baru agar bisa melihat dengan jelas, produk kami bisa melakukannya.”

Akibat pembatasan perjalanan selama pandemi, bisnis EyeQue semakin maju. “Orang-orang lebih berniat mencari solusi lain yang bisa dilakukan dari rumah dan secara umum jauh lebih nyaman.”

Dengan Bantuan Telepon Pintar, Anda Bisa Periksa Kesehatan Mata dari Rumah
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:39 0:00


Dampak lebih besar, khususnya, terasa di negara-negara berkembang. “Bagi masyarakat yang minim akses ke kesehatan mata, yang tidak punya akses ke dokter mata, yang tidak bisa berobat ke klinik mata, solusi murah meriah seperti yang kami tawarkan ini bisa benar-benar mengubah hidup mereka.”

Dengan pandemi yang masih berlangsung, pemeriksaan mandiri ini merupakan jalan menuju kesehatan mata yang lebih baik dan lebih mudah diakses. [rd/lt]

XS
SM
MD
LG