Tautan-tautan Akses

Al-Qaida Rilis Rekaman yang Diklaim Pesan dari Al-Zawahiri


Pemimpin al-Qaida, Ayman al-Zawahiri (foto: dok).

Pemimpin al-Qaida Ayman al-Zawahiri, dalam sebuah pesan selama 28 menit yang muncul Rabu (4/10), mendesak pengikut-pengikutnya di seluruh dunia agar bersatu melawan apa yang disebutnya “persekutuan setan internasional.”

Dalam audio itu al-Zawahiri mengatakan, “Kita menghadapi serangan paling besar dalam sejarah Muslim. Tentara Salib, Rusia, China yang ateis, Rawafidh, sekularis, dan penguasa yang berkhianat semua bergabung untuk menentang kita.” VOA tidak dapat memverifikasi keaslian dari pesan ini.

Al-Zawahiri mengambil alih kepemimpinan organisasi teroris al-Qaida setelah pendahulunya Osama bin Laden, berhasil ditewaskan dalam serangan Amerika pada 2011 di Abbottabad.

Keberadaannya tidak diketahui, tetapi analis keamanan menduga dia kemungkinan besar bersembunyi di kawasan perbatasan Afghanistan – Pakistan.

Pesan ini yang dirilis kurang dari sebulan setelah peringatan 16 tahun peristiwa 11 September 2001 di Amerika, datang setelah organisasi teroris itu menghadapi serangkaian kekalahan di seluruh dunia, termasuk di Suriah, di mana cabang kelompok ini sedang didesak oleh pemerintah Suriah yang didukung Rusia. [jm]

XS
SM
MD
LG