Tautan-tautan Akses

Aktor Terkenal Bollywood Irrfan Khan Tutup Usia


Aktor Bollywood, Irrfan Khan saat berpose untuk promosi film "Puzzle" dalam Sundance Film Festival di Park City, Utah, 22 Januari 2018. (Foto: dok).

Aktor kawakan Bollywood Irrfan Khan, yang mendapat pengakuan internasional karena peran-perannya dalam film seperti "Slumdog Millionaire" dan "Life of Pi", meninggal dunia dalam usia 54 tahun.

Seorang juru bicara mengatakan Khan tutup usia hari Rabu (29/4) di sebuah rumah sakit di Mumbai, di mana ia mulai diopname awal pekan ini karena infeksi usus besar. Khan mengupayakan perawatan di Inggris setelah ia didiagnosis mengalami sejenis kanker langka pada tahun 2018.

Aktor kelahiran negara bagian Rajasthan ini memasuki industri film India pada tahun 1988 melalui film drama yang mendapat nominasi Academy Award, "Salaam Bombay". Khan kemudian membintangi beberapa film Bollywood terkenal, di antaranya "The Namesake", "The Lunchbox" dan "Paan Singh Tomar", yang membuatnya dianugerahi Penghargaan Film Nasional India sebagai aktor terbaik pada tahun 2012.

Selain "Slumdog Millionaire", yang meraih Academy Award tahun 2008 sebagai Film Terbaik, Khan juga tampil dalam beberapa film Hollywood seperti "The Amazing Spider Man", "Jurassic World" dan "Inferno".

Peran terbarunya adalah dalam film Bollywood "Angrezi Medium", sekuel filmnya yang popular pada tahun 2017, "Hindi Medium". Film baru itu dirilis sebelum India memberlakukan lockdown nasional karena pandemi virus corona. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG