Tautan-tautan Akses

Aktor Pertama Pemeran Godzilla Wafat di Usia 88 tahun


Aktor pemeran Godzilla Haruo Nakajima dalam sebuah wawancara di kediamannya di Sagamihara, dekat Tokyo, 28 April 2014. (Foto:dok)

Aktor yang mengenakan kostum karet untuk memerankan Godzilla versi awal - monster yang merusak dan menghancurkan kota-kota Jepang dengan kibasan ekornya yang besar, telah meninggal dunia pada usia 88 tahun, kata perusahaan film Toho pada hari Selasa (8/8).

Haruo Nakajima, yang mengenakan kostum rumit untuk memerankan monster yang bangkit dari kedalaman setelah uji coba bom hidrogen di film asli "Godzilla" 1954, meninggal pada hari Senin (7/8), karena pneumonia, kata seorang juru bicara Toho.

Kostum versi awal memiliki berat 100 kg (220 lb) dan membuat Nakajima sangat sulit untuk bernafas ketika memakainya hingga harus dipasangi tabung oksigen, Nakajima mengenangnya bertahun-tahun kemudian. Dia memerankan total selusin film yang tayang hingga tahun 1972.

"Godzilla" pertama – namanya adalah kombinasi gorila dan sebuah kata Jepang untuk ikan paus - tiba di darat sebagai simbol senjata atom kurang dari satu dekade setelah pengeboman Hiroshima dan Nagasaki. Film ini juga sebagai pencerminan rasa frustrasi kepada Amerika Serikat, yang saat itu baru saja mengadakan tes bom hidrogen di atol Bikini yang membuat sekelompok nelayan dalam satu kapal terpapar radiasi .

Film waralaba terbaru, yang termasuk versi Jepang dan Amerika Serikat, dirilis Toho pada tahun 2016. (aa/fw)

XS
SM
MD
LG