Tautan-tautan Akses

Aktor Pemeran Darth Vader Meninggal dalam Usia 85 Tahun


Dave Prowse, aktor Inggris yang berada di balik masker hitam tokoh jahat Darth Vader (foto: dok).

Dave Prowse, aktor Inggris yang berada di balik masker hitam tokoh jahat Darth Vader dalam film “Star Wars,” meninggal dunia; hal ini disampaikan agennya Thomas Bowington hari Minggu (29/11).

“Dengan rasa duka mendalam, kami harus mengumumkan bahwa klien kami Dave Prowse meninggal dunia kemarin pagi (28/11) dalam usia 85 tahun,” tulis Bowington di akun Facebooknya. “Semoga kekuatan akan selalu bersamanya,” ujar Bowington pada BBC.

Bowington menambahkan bahwa kepergian Prowse adalah “kehilangan yang sangat menyayat hati bagi kami dan jutaan penggemarnya di seluruh dunia.”

Sebagai mantan binaragawan yang menjadi aktor, sosok Prowse yang menjulang setinggi hampir dua meter membuatnya berhasil mendapatkan peran antagonis yang mudah dikenali dalam trilogi asli “Star Wars.”

Meskipun ia mengenakan baju besi dan jubah hitam mengkilap, akses asli Inggris-nya yang sangat kuat membuat para produser film beralih ke James Earl Jones untuk sulih-suara mengerikan yang muncul dari balik topengnya. Namun demikian Prowse tetap melekat dengan karakter itu, dan pada tahun 2013 ia mengatakan pada AFP bahwa ia adalah “penjahat layar lebar terbesar sepanjang masa.”

Sejak trilogi asli “Star Wars” dirilis pada akhir tahun 1970an dan awal 1980an, Prowse telah melakukan perjalanan ke berbagai pelosok dunia untuk bertemu dengan para penggemarnya. [em/my]

XS
SM
MD
LG