Tautan-tautan Akses

Aktivis HAM Pakistan yang Hilang, Kembali Berkumpul dengan Keluarga


Para wartawan Pakistan dan penduduk lokal berkumpul di luar rumah Salman Haider, aktivis HAM dan dosen yang dikabarkan telah kembali berkumpul bersama keluarganya setelah beberapa lama menghilang secara misterius di Islamabad, Pakistan, 28 Januari 2017 (Foto: dok).

Empat dari lima aktivis hak azasi manusia dan blogger, yang hilang secara misterius dari beberapa kota sebelumnya bulan ini, telah pulang.

Polisi, sanak saudara dan sumber-sumber mengukuhkan hari Sabtu (28/1) bahwa pembela hak azasi terkemuka Salman Haider telah bergabung kembali dengan keluarganya.

“Ia dalam keadaan baik dan selamat,” kata para anggota keluarga yang tidak mau memberi komentar lebih jauh mengenai di mana ia berada dan motif penculikannya.

Haider, penyair progresif dan dosen, sedang dalam perjalanan pulang malam hari tanggal 6 Januari ketika pria-pria tak dikenal mencegat mobilnya tidak jauh di luar ibukota Islamabad dan membawanya.

Tiga aktivis lain yang hilang, Ahmed Raza Naseer, Asim Sayeed dan Waqas Goraya, juga telah dibebaskan dan bergabung kembali dengan keluarga mereka. Mereka juga diculik dari dalam dan sekitar kota Lahore, Pakistan timur, dalam pekan pertama Januari.

Para anggota keluarga mereka belum ada yang membicarakan perkembangan itu dan pihak berwenang belum mengukuhkan pembebasan ketiga pria itu.

Di mana keberadaan aktivis yang ke-5 yang masih hilang, Samar Abbas, masih tidak diketahui.

Penculikan para aktivis yang hampir serentak itu memicu protes di seluruh Pakistan oleh organisasi-organisasi hak azasi manusia dan kecaman media terhadap pemerintah. [gp]

XS
SM
MD
LG