Tautan-tautan Akses

Aksi Mogok Sopir Truk Brazil untuk Dukung Bolsonaro Gagal


Para sopir truk mengibarkan bendera saat melakukan aksi mogok untuk mendukung pemerintahan Presiden Bolsonaro di Brasilia, Brazil, Kamis (9/9).

Protes oleh para pengemudi truk Brazil yang setia kepada Presiden Jair Bolsonaro sebagian besar gagal pada hari Jumat (10/9). Kegagalan itu melegakan kalangan industri yang khawatir akan kekurangan pasokan.

Menteri infrastruktur Brazil mengatakan dalam sebuah pernyataan Jumat pagi bahwa ada protes di sepanjang jalan raya di tiga negara bagian, Rio Grande do Sul, Santa Catarina dan Rondonia, tetapi tidak ada jalan yang diblokir. Kenyataan itu jauh lebih sedikit dibandingkan dengan 16 negara bagian yang telah mendaftarkan diri untuk ikut protes di jalan raya awal pekan ini.

Polisi jalan raya federal negara itu mengatakan protes “tidak lagi menghadirkan ancaman blokade sebagian atau total dan menuju demobilisasi total.”

Presiden Jair Bolsonaro berpidato pada rapat umum di depan para pendukungnya di Sao Paulo, Selasa (7/9).
Presiden Jair Bolsonaro berpidato pada rapat umum di depan para pendukungnya di Sao Paulo, Selasa (7/9).

Didorong oleh seruan Bolsonaro untuk menentang Mahkamah Agung pada rapat umum politik hari Selasa, blokade truk semakin memanas pada hari Rabu. Awal pekan ini, pemimpin sayap kanan Brazil itu menuduh Mahkamah Agung berusaha mencegahnya memerintah dan meminta Hakim Agung Alexandre de Moraes untuk mundur.

Pada hari Kamis (9/9), Bolosnaro berusaha meredakan perselisihan dan mengatakan dia telah mengatakan kepada para pengemudi truk untuk bubar. Bolsonaro memperingatkan bahwa jika aksi protes berlanjut hingga hari Minggu, hal itu akan menyebabkan kekurangan pasokan yang serius. [lt/pp]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG