Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad Kunjungi Tiongkok Setelah Beijing Dukung Sanksi


Presiden Ahmadinejad tiba di Shanghai Kamis untuk menghadiri upacara memperingati hari nasional Iran di Expo Dunia 2010.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad memulai kunjungan ke Tiongkok sehari setelah Beijing memberikan suara mendukung sanksi PBB yang baru terhadap Teheran karena terlibat dalam kegiatan nuklir yang peka.

Ahmadinejad tiba di Shanghai hari Kamis untuk menghadiri upacara memperingati hari nasional Iran di Expo Dunia 2010. Dia dijadwalkan akan mengunjungi Expo itu hari Jumat, tapi tidak ada rencana bertemu dengan pejabat-pejabat senior Tiongkok.

Tiongkok adalah sekutu penting Iran dan sudah lama menentang upaya negara-negara Barat untuk mengesahkan sanksi putaran keempat PBB terhadap Iran karena meneruskan yang mereka khawatirkan adalah program senjata nuklir. Iran mengatakan program nuklirnya untuk tujuan damai.

Tapi, Tiongkok bergabung dengan Rusia dan anggota-anggota tetap Dewan Keamanan PBB lainnya dalam menyetujui sanksi-sanksi baru hari Rabu. Kementerian luar negeri Tiongkok hari Kamis mengatakan langkah itu bertujuan untuk membawa Iran kembali ke meja perundingan, bukan memblokir dialog lebih jauh.

XS
SM
MD
LG