Tautan-tautan Akses

Agustus, Penjualan Rumah di AS Naik 2,4%


Sebuah rumah yang baru dibangun sedang dijual di Encinitas, California, AS, 31 Juli 2019. (Foto: REUTERS/Mike Blake)

Penjualan rumah di Amerika Serikat naik 2,4 persen pada Agustus atau ke level tertinggi sejak 2006 seiring dengan pulihnya pasar properti dari dampak penerapan kebijakan lockdown secara luas akibat wabah virus corona.

Kantor berita Associated Press mengutip National Association of Realtors mengatakan, Selasa (22/9), penjualan properti naik hingga mencapai 6 juta rumah pada bulan lalu. Angka penjualan naik 10,5 persen dari tahun lalu dan kembali ke level awal 2020, sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Meskipun laju penjualan melambat secara signifikan setelah beberapa bulan berturut-turut naik lebih dari 20 persen, ini merupakan kenaikan bulanan ketiga secara berturut-turut setelah penurunan besar terjadi pada Maret, April dan Mei.

Harga tengah (median) untuk rumah keluarga kecil mencapai $ 315 ribu (R 4,6 miliar) pada Agustus, naik 11,7 persen dari Agustus 2019. Bulan lalu adalah pertama kalinya harga rata-rata rumah di AS mencapai $ 300 ribu.

Kurangnya ketersediaan rumah telah menjadi masalah di AS selama bertahun-tahun, jauh sebelum wabah virus melanda dunia. Jumlah properti yang siap dijual pada Agustus adalah 1,49 juta unit, turun 18,6 persen dari tahun lalu.

Banyak ekonom khawatir kurangnya inventaris rumah tersebut akan terus memicu harga yang lebih tinggi, mendorong banyak calon pembeli pertama keluar dari pasar properti.

“Kurangnya pasokan ini terus mendorong pertumbuhan harga rumah lebih tinggi,” kata ekonom Joel Kan dari Mortgage Bankers Association. "Kenaikan harga 11 persen jauh di atas pertumbuhan pendapatan dan mengancam keterjangkauan secara keseluruhan - terutama untuk pembeli rumah pertama kali,” katanya.

Secara regional, penjualan rumah telah meningkat di berbagai daerah selama tiga bulan berturut-turut jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Harga rumah rata-rata tumbuh pada tingkat dua digit empat wilayah utama dibandingkan tahun lalu.

Penjualan melonjak 13,8 persen di Timur Laut dan 1,4 persen di Midwest. Sementara daerah selatan dan barat hanya mengalami sedikit kenaikan, sebesar 0,8 persen, dibandingkan bulan sebelumnya.

Keempat wilayah tersebut mengalami kenaikan harga rata-rata lebih dari 10 persen dari tahun lalu. [ah/ft]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG