Tautan-tautan Akses

Abbas Hentikan Pembayaran Listrik di Gaza untuk Tekan Hamas


Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam KTT Liga Arab di Laut Mati, Yordania. (Foto: dok)

Pemerintah Tepi Barat akan menghentikan pembayaran 11 juta dolar per bulan untuk tagihan listrik di Jalur Gaza untuk menekan kelompok militan Hamas.

Seorang pejabat Otorita Palestina mengatakan, pemerintah Palestina yang berbasis di Tepi Barat akan berhenti mendanai pembayaran listrik di Jalur Gaza dan menghentikan aliran dana ke Hamas yang menguasai wilayah itu.

Kelompok militan Hamas merebut Gaza pada 2007 sehingga menciptakan dua pemerintahan tandingan – pemerintahan Hamas di Gaza dan pemerintahan otorita yang dipimpin Presiden Mahmoud Abbas di Tepi Barat. Abbas belakangan ini mengatakakan, ia akan menggunakan tekanan finansial untuk memaksa Hamas membuat konsesi.

Pejabat Tepi Barat bernama Hussein al-Sheikh itu mengatakan kepada sebuah radio lokal, pemerintahnya akan menghentikan pembayaran 11 juta dolar per bulan untuk tagihan listrik yang dikirim Israel ke Gaza. Al-Sheikh mengatakakan, “Kami tidak akan terus mendanai pendudukan Hamas di Gaza.''

Israel sebetulnya mengumumkan keputusan pemerintah Otorita Palestina pekan lalu. Pernyataan Al-Sheikh tersebut merupakan pengukuhan resmi pertama pemerintah Otorita Palestina. [ab/as]

XS
SM
MD
LG