Tautan-tautan Akses

Jan Kubis tiba di Bishkek Mengadakan Perundingan Mengenai Kritis Politik - 2005-03-28


Sekretaris Jenderal Organisasi bagi Keamanan dan Kerjasama di Eropa(OSCE) berada di Kyrgyzstan mengadakan perundingan dengan para pemimpin baru negara itu mengenai krisis politik yang makin buruk di sana.

Jan Kubis tiba di Bishkek Ahad kemarin, tiga hari setelah Presiden Askar Akayev meninggalkan Kyrgyzstan menuju Rusia. Kubis bertemu dengan presiden sementara Kurmanbek Bakiyev, dan para pejabat OSCE menyatakan bahwa organisasi itu mengirimkan para pakar undang-undang dan hukum ke negara di Asia Tengah tersebut.

Bekas republik Soviet di Asia tengah itu mengalami kekacauan politik setelah terjadinya persengketaan mengenai pemilihan di sana bulan ini, dan dua kelompok terpisah kini mengklaim bahwa mereka adalah Parlemen Kyrgyzstan yang sah.

Felix Kulov, pemimpin kelompok yang menentang Presiden Akayev, mengatakan ada resiko terjadinya perang sipil jika Parlemen yang lama tidak mengakui para pemenang pemilihan bulan ini. Kulov, yang kini menjabat sebagai kepala pasukan keamanan Kyrgyzstan, adalah mantan wakil presiden yang mengundurkan diri tahun 1993 dalam skandal mengenai hilangnya cadangan emas negara itu.

XS
SM
MD
LG