Tautan-tautan Akses

Powell Terkesima dengan Kerusakan yang Diakibatkan Bencana Tsunami  - 2005-01-05


Menteri Luar Negeri Amerika Colin Powell mengatakan ia terkesima dengan kerusakan yang diakibatkan bencana Tsunami pekan lalu di Asia Selatan.

Menlu Powell mengatakan kepada para wartawan di propinsi Aceh, ia belum pernah melihat kerusakan hebat seperti yang terjadi Aceh. Ia mengatakan, ia kini memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai apa yang diperlukan untuk melengkapi usaha pemulihan dan membantu masyarakat di kawasan itu. Menlu Powell mengatakan itu hari ini segera setelah melakukan penerbangan helikopter ke berbagai tempat di propinsi Aceh, Indonesia. Ia kembali ke Jakarta hari ini untuk mempersiapkan konperensi internasional mengenai bencana Tsunami Asia hari Kamis besok.

Koordinator Bantuan Darurat PBB, Jan Egeland mengatakan Selasa kemarin bahwa janji masyarakat internasional untuk bantuan Tsunami telah meningkat hingga lebih dari dua miliar dolar. Ia menambahkan bahwa para donor harus menyerahkan uang yang mereka janjikan, yang biasanya tidak selalu terjadi di masa lalu.

Sementara itu, Kabinet Jerman diperkirakan akan bertemu Rabu ini untuk membahas peningkatan kontribusi Jerman bagi korban Tsunami hingga sebanyak 664 juta dolar. Saat ini, Berlin telah menjanjikan 26 juta dolar untuk bantuan darurat.

XS
SM
MD
LG