Tautan-tautan Akses

Deplu AS Klarifikasi Soal Komentar Pejabatnya Tentang Taiwan - 2004-12-23


Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan seorang pejabat tinggi sekedar menandaskan kembali kebijakan Amerika “dalam istilah yang sering didengar” sewaktu dia secara tidak langsung menyamakan Taiwan dengan “ranjau darat” dalam hubungan Amerika Serikat-Cina.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Richard Boucher mengatakan Taiwan adalah isu penting bagi Amerika Serikat, dan isu yang muncul dalam hubungan bilateral Washington dnegan Beijing.

Boucher mengeluarkan pernyataan itu hari ini saat Taiwan meminta pemerintahan Bush menjelaskan ucapan Deputi Menteri Luar Negeri Richard Armitrage dalam wawancara televisi awal bulan ini. Sewaktu ditanya dimana ranjau darat dalam hubungan Cina - Amerika, Armitage menjawab bahwa Taiwan kemungkinan “yang terbesar”.

Armitage juga mengulangi kebijakan resmi Amerika yang mengakui Taiwan sebagai bagian wilayah Cina, dan dia menyebut undang-undang Taiwan Relations Act yang mewajibkan Amerika Serikat mempertahankan pasukan militer di Pasifik untuk menangkal serangan.

XS
SM
MD
LG